Observasi adalah salah satu teknik dalam teknik pengumpulan data yang digunakan dalam suatu penelitian tertentu. Sedangkan,
untuk teks hasil observasi memiliki pengertian yaitu isi teks yang
menjelaskan suatu informasi baik itu informasi tentang hewan, tanaman,
fenomena alam, hasil karya manusia, dan fenomena sosial yang sesuai
dengan fakta. Didalamnya terdapat terdapat klasifikasi kelas dan
subkelas berdasarkan observasi yang telah dilakukan.
Singkatnya
hasil observasi ini merupakan teks yang memaparkan hasil observasi
secara sistematik dan objektif sesuai kenyataan dan fakta yang ada. Teks
hasil observasi ini mendeskripsikan bentuk, ciri, atau sifat umum dari
suatu objek.
Pengertian Observasi Menurut Para Ahli
1. Prof. Heru
Suatu
pengamatan menunjukkan sebuah studi atau pembelajaran yang dilaksanakan
dengan sengaja, terarah, berurutan, dan sesuai tujuan yang hendak
dicapai pada suatu pengamatan yang dicatat segala kejadian dan
fenomenanya yang disebut dengan hasil observasi. Hasil tadi dijelaskan
dengan rinci, teliti, tepat, akurat, bermanfaat dan objektif sesuai
dengan pengamatan yang dilakukan.
2. Karl Welck
Definisi
observasi merupakan pencatatan, pemilihan, penyusunan, penandaan,
penggantian dari serangkaian proses tingkah laku dan suasana yang
memiliki hubungan dengan organisasi tertentu.
3. Gibson, R.L dan Mitchell. M.H
Observasi
adalah teknik yang bisa dipergunakan untuk menyeleksi derajat dalam
menentukan keputusan dan konklusi terhadap orang lain yang diamati.
Pengamatan seperti ini tidak bisa dilakukan sendiri, harus dibantu
dengan metode penelitian yang lainnya.
4. Prof. Dr. Bimo Walgito
Observasi
adalah suatu penelitian yang dijalankan secara sistematis dan disengaja
diadakan dengan menggunakan alat indra (terutama mata) atas
kejadian–kejadian yang langsung dapat ditangkap pada waktu kejadian
berlangsung.
5. Nasution
Menurutnya
Observasi adalah dasar semua ilmu pengetahuan. Para ilmuan hanya dapat
bekerja berdasarkan data, yaitu fakta mengenai dunia kenyataan yang
diperoleh melalui observasi.
6. Syaodih
Menurutnya
Observasi adalah teknik yang digunakan atau cara yang digunakan untuk
mengumpulkan data dengan jalan mengadakan pengamatan terhadap kegiatan
yang sudah berlangsung.
7. Margono
Menurutnya Observasi adalah pengamatan dan pencatatan secara sistematik terhadap gejala yang tampak pada objek penelitian.
8. Bungin
Menurutnya
Observasi adalah metode pengumpulan data yang digunakan untuk menghimpun
data penelitian melalui pengamatan dan pengindraan.
9. Kartini Kartono
Menurutnya
Observasi adalah pengujian dengan maksud atau tujuan tertentu mengenai
sesuatu, khususnya dengan tujuan untuk mengumpulkan fakta, satu skor
atau nilai, satu verbalisasi atau pengungkapan dengan kata – kata segala
sesuatu yang telah diamati
10. Prof. Dr. Sofyan S. Willis
Menurutnya
Observasi yaitu pengamatan yang dilakukan secara partisipan dan non –
partisipan. Metode partisipan mengharuskan peneliti terlibat di dalam
kegiatan anak – anak dan remaja. Sedangkan metode non – partisipan hanya
mengamati dari luar, tidak perlu terlibat.
11. Hanna Djumhana
Menurut
pengamatan sebagai metode ilmiah yang bahkan saat ini masih menjadi
tempat utama dalam ilmu empiris, dan masih diakui di dunia penelitiaan
karya ilmiah sebagai salah satu metode yang cukup banyak untuk
pengumpulan data.
12. Patton
Pengamatan
adalah salah satu metode yang akurat dan mudah untuk melakukan
pengumpulan data dan bertujuan untuk mengidentifikasi dan memahami semua
peristiwa yang terjadi yang menjadi objek penelitian dalam
penelitiannya.
13. Sudjana
Menunjukkan
bahwa pengamatan adalah salah satu yang banyak digunakan alat penilaian
dalam mengukur proses dan perilaku individu dalam suatu kegiatan yang
dapat diamati. Jadi, untuk mengatakan bahwa pengamatan ini mampu
mengukur dan menilai hasil dari proses belajar, misalnya, mengamati
perilaku siswa pada waktu yang dihabiskan di kelas, mengamati perilaku
guru saat mengajar, para siswa dalam kegiatan kelas.
14. Suharsimi Arikunto
Observasi
adalah pengamatan langsung dari lingkungan fisik atau pengamatan
langsung suatu kegiatan yang sedang berlangsung yang mencakup semua
kegiatan perhatian ke objek dengan menggunakan alat penilaian sensorik.
Atau sautu pekerjaan yang dilakukan dengan sengaja dan sadar untuk
mengumpulkan data dan melaksanakan prosedur yang sistematis dan tepat.
15. Gall dkk
Observasi
adalah sebuah metode pengumpulan data dan informasi yang dilakukan
melalui pengamatan lingkungan dan tingkah laku baik secara pribadi
maupun umum.
16. Arifin (2011)
Observasi
adalah suatu proses pengamatan dan pencatatan secara sistematis, logis,
objektif dan rasional mengenai berbagai fenomena, baik dalam situasi
yang sebenarnya maupun dalam situasi buatan untuk mencapai tujuan
tertentu.
17. Basrowi (2012)
Observasi
adalah suatu teknik yang dilakukan dengan cara mengadakan pengamatan
secara diteliti serta pencatatan secara sistematis.
18. Sevilla (1993)
Observas/pengamatan
dalam istilah sederhana adalah proses dimana peneliti atau pengamat
melihat situasi penelitian. Metode ini sangat sesuai digunakan dalam
penelitian yang meliputi pengamatan kondisi/interaksi belajar mengajar,
tingkah laku bermain anak-anak dan interaksi kelompok.
19. Nurkancana (1986)
Observasi
adalah suatu cara untuk mengadakan penilaian dengan jalan mengadakan
pengamatan secara langsung dan sistematis. Data-data yang diperoleh
dalam observasi itu dicatat dalam suatu catatan observasi. Kegiatan
pencatatan dalam hal ini adalah merupakan bagian daripada kegiatan
pengamatan.
20. Burhan
Pengertian
observasi merupakan kemampuan seseorang dalam melakukan kegiatan
pengamatan melalui hasil kerja dari salah satu panca indra yaitu mata
serta dibantu oleh panca indra lainnya.
21. Nawawi dan Martini
Menurut
mereka, observasi adalah pengamatan sekaligus pencatatan secara urut
yang terdiri dari unsur-unsur yang bermunculan dalam suatu
fenomena-fenomena dalam objek penelitian. Hasil dari pengamatan akan
dilaporkan dengan susunan yang sistematis dan sesuai kaidah yang
berlaku.
22. Sutrisno Hadi
Observasi
adalah sebuah proses yang sangat kompleks yang terdiri dari berbagai
macam proses baik proses biologis maupun proses psikologis yang lebih
mementingkan proses-proses ingatan dan pengamatan.
Jadi Teks Laporan Hasil Observasi Adalah
teks yang
berisi penjabaran umum atau melaporkan sesuatu berupa hasil dari
pengamatan (observasi), teks laporan observasi juga disebut teks
klasifikasi karena memuat klasifikasi mengenai jenis-jenis sesuatu
berdasarkan kriteria tertentu. Menggambarkan ciri, bentuk atau sifat
umum seperti benda, hewan, manusia, tumbuh-tumbuhan atau peristiwa yang
terjadi di dalam semesta kita, teks hasil observasi bersifat faktual
atau berdasarkan fakta yang ada.
Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi
- Mengatasi suatu persoalan.
- Menemukan teknik atau cara terbaru.
- Mengambil keputusan yang lebih efektif.
- Melakukan pengawasan dan/atau perbaikan.
- Mengetahui perkembangan suatu permasalahan.
Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi
- Melaporkan tanggung jawab sebuah tugas dan kegiatan pengamatan.
- Menjelaskan dasar penyusunan kebijaksanaan, keputusan dan/atau pemecahan masalah dalam pengematan.
- Sarana untuk pendokumentasian.
- Sebagai sumber informasi terpercaya.
Ciri-Ciri Teks Laporan Hasil Observasi
- Bersifat objektif, global, universal.
- Objek yang akan dibicarakan/dibahas ialah objek tunggal.
- Ditulis secara lengkap dan sempurna.
- Ditulis berdasarkan fakta sesuai dengan pengamatan yang telah dilakukan.
- Informasi teks merupakan hasil penelitian terkini yang sudah terbukti kebenarannya.
- Tidak mengandung prasangka/dugaan/pemihakan yang menyimpang atau tidak tepat.
- Saling berkaitan dengan hubungan berjenjang antara kelas dan subkelas yang terdapat di dalamnya.
Sifat Teks laporan Hasil Observasi
Teks hasil
observasil memiliki 3 sifat, diantaranya adalah bersifat iformatif,
komunikatif, dan juga objektif. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat
sebagai berikut.
- Bersifat Informatif, artinya memberikan informasi yang berguna mengenai objek yang diamati kepada pembaca.
- Bersifat Komunikatif, artinya teks tersebut menggunakan bahasa yang seolah-olah membuat kita sedang berkomunikasi dengan teks tersebut, tujuannya adalah agar isi laporan dalam teks lebih mudah dimengerti.
- Bersifat Objektif, berarti teks laporan tersebut harus faktual dan berpatokan pada informasi yang sah tentang apa yang benar-benar terjadi.
Struktur Teks Laporan Hasil Observasi
Terdapat 2 struktur utama yang membantu teks laporan hasil observasi sehingga menjadi satu kesatuan, struktur teksnya yaitu:
- Pernyataan umum (klasifikasi) merupakan pembuka atau pengantar mengenai hal yang dilaporkan, ditahap ini akan disampaikan bahwa benda-benda di dunia bisa diklasifikasikan berdasarkan kriteria persamaan dan perbedaan.
- Anggota/aspek yang dilaporkan merupakan bahasan atau rincian tentang objek yang diamati.
Struktur lain dari teks laporan observasi yaitu:
- Definisi umum merupakan pembukaan yang berisi pengertian mengenai sesuatu yang dibahas didalam teks.
- Definisi bagian merupakan bagian yang berisi ide pokok dari setiap paragraf “penjelasan rinci”.
- Definisi manfaat merupakan bagian yang menjelaskan manfaat dari sesuatu yang dilaporkan.
- Penutup merupakan bagian rincian akhir dari teks.
Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi
Ciri bahasa atau kaidah kebahasaan yang digunakan dalam teks laporan hasil observasi antara lain :
- Menggunakan frasa nomina yang diikuti penjenis dan pendeskripsi.
- Menggunakan verba relasional, seperti : ialah, merupakan, adalah, yaitu, digolongkan, termasuk, meliputi, terdiri atas, disebut, dan lain-lain (digunakan untuk menyatakan definisi pada istilah teknis atau istilah yang digunakan secara khusus pada bidang tertentu).
- Menggunakan verba aktif alam untuk menjelaskan perilaku, seperti : bertelur, membuat, hidup, makan, tidur, dan sebagainya.
- Menggunakan kata penghubung yang menyatakan :
- Tambahan : dan, serta
- Perbedaan : berbeda dengan
- Persamaan : sebagaimana, seperti halnya, demikian halnya, hal demikian, sebagai, hal yang sama
- Pertentangan : sedangkan, tetapi, namun, melainkan, sementara itu, padahal berbanding terbalik
- Pilihan : atau
5. Menggunakan
paragraf dengan kalimat utama untuk menyusun informasi utama, diikuti
rincian aspek yang hendak dilaporkan dalam beberapa paragraf.
6. Menggunakan kata keilmuwan atau teknis, seperti : herbivora, degeneratif, osteoporosis, mutualisme, parasitisme, pembuluh vena, leukimia, syndrom, phobia, dan lain-lain.
6. Menggunakan kata keilmuwan atau teknis, seperti : herbivora, degeneratif, osteoporosis, mutualisme, parasitisme, pembuluh vena, leukimia, syndrom, phobia, dan lain-lain.
Langkah Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi
Adapun langkah-langkah diantaranya yaitu:
- Membuat judul laporan sesuai dengan pengamatan yang telah dilakukan.
- Membuat kerangka teks yang condong ke pembuatan gagasan utama sesuai dengan hasil pengamatan.
- Menyusun teks berdasarkan gagasan utama yang telah dibuat, diawali dengan paragraf pernyataan umum lalu ke bagian isi, setelah membuat klasifikasi secara umum, langkah berikutny yaitu menjabarkan klasifikasi tersebut berdasarkan hasil pengamatan.
- Meneliti kembali hasil penulisan teks, jika ada kalimat janggal atau salah penulisan, segera perbaiki kembali.
Nah kalian
juga harus memenuhi syarat atau kriteria teks laporan hasil observasi
agar dianggap baik dan benar serta ideal, berikut ini syaratnya:
- Mempunyai susunan struktur teks yang urut dan lengkap.
- Dalam struktur teks tidak mempunyai kesimpulan/penutup.
- Di dalam teks tidak ada opini dari penulis.
- Teks menjelaskan sebuah informasi berdasarkan fakta.
Cara Penyusunan Teks Laporan Hasil Observasi
- A. Menentukan topik bahasan teks laporan hasil observasi
- B. Mengumpulan bahan untuk observasi
- C. Menyusun kerangka teks laporan observasi
- D. Mengembangkan kerangka teks laporan observasi
Syarat/Kriteria Teks Laporan Hasil Observasi
- Memiliki susunan struktur teks yang urut dan lengkap.
- Dalam struktur teks tidak memiliki kesimpulan/penutup.
- Di dalam teks tidak ada opini dari penulis.
- Teks menjelaskan sebuah informasi yang benar adanya (sesuai fakta).
PERBEDAAN TEKS LAPORAN DENGAN TEKS DESKRIPSI
Pada umumnya
teks laporan hasil observasi memiliki bentuk yang hampir sama dengan
teks deskripsi, tetapi sebenarnya sifat kedua teks tersebut berbeda.
Teks laporan menggambarkan sesuatu secara umum dan sesuai fakta apa
adanya tanpa ada opini/pendapat penulis. Sedangkan teks deskripsi
menggambarkan secara khusus (unik dan individual) dan menggambarkan
sesuai dengan sudut pandang penulis.
Teks
menekankan pada pengelompokan berbagai hal ke dalam jenis sesuai dengan
ciri setiap jenis pada umumya sedangkan teks deskripsi menitikberatkan
uraian bentuk, ciri, dan keadaan sesuatu yang dideskripsikan untuk
tempat dan waktu tertentu. Selain itu, teks laporan berkaitan dengan
hubungan berjenjang antara sebuah kelas dan subkelas yang ada
didalamnya, sedangkan teks deskripsi berkaitan dengan hubungan
berjenjang antara sebuah kelas dan subkelas yang ada didalamnya.
Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Pendidikan
“Pentingnya Pendidikan di Indonesia”
Pendidikan
merupakan hal yang paling penting untuk anak atau kita karena pendidikan
suatu jenjang mendidik karakter kita. Pendidikan adalah investasi
jangka panjang yang harus diperhatikan, disiapkan, dan diberikan sarana
dan prasarananya dengan baik. Harapan kita dapat mendapatkan generasi
penerus yang berkompetensi, yakni pengetahuan, sikap, dan keterampilan
atau sering kita dengar afektif, kognitif, dan psikomotorik yang
terealisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan juga merupakan
kewajiban bagi semua warga Negara yang harus dilaksanakan untuk
meningkatkan kemajuan dan membentuk sebuah karakter Negara tersebut.
Pendidikan
dapat membedakan manusia dari segi kedudukannya di masyarakat. Orang
yang berpendidikan tinggi akan jauh lebih dihargai orang lain dalam
masyarakat. Dari segi tingkat atau kedudukan dalam pekerjaan, pendidikan
juga sangat berpengaruh. Apalagi kalau sudah menyangkut pada jabatan,
tentu orang yang berpendidikan tinggi dapat diposisikan pada kedudukan
yang lebih tinggi pula. Sebaliknya, orang yang berpendidikan lebih renda
akan diposisikan pada kedudukan atau jabatan yang lebih rendah pula
dalam pekerjaannya. Karena setiap bidang pekerjaan disesuaikan dengan
kemampuan seseorang, agar bisa melaksanakan pekerjaannya dengan baik.
Hal tersebut juga akan menentukan pendapatan dari setiap pekerjaannya.
Pendidikan
dasar dapat dilakukan oleh orang tua di rumah, karena keluarga merupakan
lembaga pendidikan dasar. Di sini jelas, peran orangtua sangat besar
pengaruhnya terhadap perkembangan anak. Namun dari waktu dan cara yang
dilakukan di lembaga formal, misalnya sekolah, memang sudah diatur
sedemikian rupa agar bisa berjalan sesuai dengan apa yang direncanakan
oleh lembaga yang sesuai dengan tingkat pendidikannya.
Selain
memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan, lembaga pendidikan juga
berfungsi sebagai sarana, alat, atau cara untuk mengembangkan
kepribadian, emosional, moral, dan sosial karena sangat berguna bagi
anak ketika memasuki dunia masyarakat, tidak lain agar komunikasi atau
interaksi anak dengan lingkungan sekitar dalam masyarakat berjalan
dengan baik. Satu lagi, hal yang sangat penting menyangkut perkembangan
yang dijelaskan diatas, lembaga pendidikan juga dapat dijadikan sarana
peletakan atau penanaman nilai keagamaan seseorang. Ini akan memberi
pengaruh besar terhadap anak. Dengan mutu dan kualitas lembaga
pendidikan yang baik, akan menghasilkan manusia-manusia yang siap
bersaing dengan orang lain.
Oleh karena
itu, dengan kita menyadari bahwa pentingnya pendidikan, diharapkan mampu
untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar bisa bersaing
dengan bangsa lain. Semoga dengan pendidikan, kehidupan kita kan menjadi
lebih baik.
Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Keindahan Alam
Hutan Bakau
Struktur | Kalimat |
Definisi Umum | Indonesia menjadi negara dengan hutan bakau paling luas di dunia. Menurut data Kementerian Negara Lingkungan Hidup, luas hutan bakau Indonesia mencapai 4,3 juta ha. |
Deskripsi Bagian | Hutan
bakau disebut juga dengan hutan mangrove. Hutan bakau merupakan bagian
dari ekosistem pantai. Hutan bakau adalah hutan yang tumbuh di atas
rawa-rawa berair payau dan terletak di garis pantai. Hutan bakau
merupakan hutan yang tumbuh di wilayah pasang dan surut. Hutan bakau ini
termasuk lingkup ekosistem pantai sebab terletak di kawasan perbatasan
laut dan darat.
Hutan bakau
terletak di wilayah pantai dan muara sungai. Tepatnya, hutan bakau
terletak di garis pantai. Dengan posisi hutan bakau yang berada di garis
pantai, hutan ini dipengaruhi oleh keadaan air laut. Pasang surut laut
mengubah kondisi hutan bakau. Hutan akan tergenang air di masa pasang
dan akan bebas dari genangan air pada saat air surut. Habitat hutan
bakau memiliki wilayah tanah yang tergenang secara berkala. Tempat
tersebut juga mendapat aliran air tawar yang cukup dari daratan.
Hutan bakau
memiliki ciri yang khas. Hutan ini terlindung dari gelombang besar.
Selain itu, hutan bakau juga terlindung dari arus pasang surut laut yang
kuat. Hutan bakau yang terletak di perbatasan laut dan muara sungai
memiliki kadar garam payau. Di samping itu, ciri khas lain hutan bakau
adalah berawa-rawa.
Hutan bakau
memiliki beberapa fungsi dan manfaat. Secara fisik hutan bakau dapat
menahan abrasi pantai. Pada saat datang badai, hutan bakau berfungsi
sebagai penahan badai dan angin yang bermuatan garam. Di samping itu,
hutan bakau dapat menahan intrusi (peresapan) air laut ke daratan. Hutan
bakau juga menurunkan kandungan karbondioksida (CO2) di udara dan
penambat bahan-bahan pencemar (racun) di perairan pantai. Manfaat hutan
bakau juga dapat dilihat dari segi biologi. Hutan bakau menjadi tempat
hidup biota laut. Selain itu, masyarakat sekitar memanfaatkan hutan
bakau sebagai sumber mata pencaharian. Hutan bakau juga menyediakan
beberapa unsur penting bahan obat-obatan.
|
Simpulan | Hutan bakau memiliki ciri khas. Hutan bakau memiliki manfaat untuk melindungi lingkungan laut, manfaat ekonomi, dan menyediakan sumber makanan/ obat-obatan. |
- Mengidentifikasi Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi
Sebagai bagian
dari pemaparan ilmu pengetahuan, laporan hasil observasi menggunakan
istilah-istilah bidang ilmu tertentu. Istilah adalah kata atau gabungan
kata yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan,
atau sifat yang khas dalam bidang tertentu. Untuk mencari makna suatu
istilah kita juga dapat menggunakan kamus. Bukan kamus umum, melainkan
kamus istilah.
Contoh istilah
biologi abiotik, amputasi, anatomi, antioksidan, asimilasi, aorta,
benangsari, ekosistem, embrio, empat sehat lima sempurna, genetika,
hermaprodit, insekta, komplikasi, kornea mata, penyerbukan silang,
sporadis, transplantasi, umbi batang, vaksin.
- a) Istilah Baku dan Tidak Baku.
Istilah baku
adalah istlah yang penulisannya sesuai dengan kaidah bahasa indonesia.
Istlah tidak baku adalah istilah yang penulisannya tidak sesuai denga
kaidah bahasa indonesia.
Istlah Baku | Istilah Tidak Baku |
analisis | analisa |
inframerah | infra merah |
antioksidan | anti oksidan |
- a) Mendaftar Kalimat Definisi
Kalimat
definisi adalah suatu kalimat yang memberikan penjelasan umum tentang
suatu benda, hal, aktivitas, dan lain-lain. Kalimat definisi sering
digunakan dalam teks laporan dan merujuk pada sebuah istilah teknis atau
ilmiah teretentu. Kalimat definisi ini membantu pembacanya untuk
mengetahui atau memahami istilah-istilah yang sering muncul dalam sebuah
tulisan.Berikut ini beberapa kalimat definisi dalam teks hasil
observasi.
Judul/nomor teks | Kalimat definisi pada teks |
Hutan Bakau | Hutan bakau adalah hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau dan terletak di garis pantai. |
Museum | 1.
Museum adalah lembaga yang berungsi mengumpulkan, merawat, dan
menyajikan serta melestarikan warisan budaya masyarakat untuk tujuan
studi, penelitian, dan kesenangan atau hiburan.
2.
Fungsi museum yang utama adalah menyimpan, merawat, mengamankan, dan
memanfaatkan koleksi museum berupa benda cagar budaya.
3.
Museum Umum adalah museum yang koleksinya terdiri dari kumpulan bukti
material manusia dan atau lingkungannya yang berkaitan dengan berbagai
cabang seni, disiplin ilmu, dan teknologi.
4.
Museum Khusus adalah museum yang koleksinya terdiri atas kumpulan bukti
material manusia atau lingkungannya yang berkaitan dengan satu cabang
seni, satu cabang ilmu, atau satu cabang teknologi.
5.
Museum Nasional adalah museum yang koleksinya terdiri atas kumpulan
benda yang berkaitan dengan bukti material manusia dan atau
lingkungannya dari seluruh wilayah Indonesia yang bernilai nasional.
6.
Museum Provinsi adalah museum yang koleksinya terdiri dari kumpulan
benda yang berkaitan dengan bukti material manusia dan atau
lingkungannya dari wilayah provinsi.
7.
Museum Lokal, museum yang koleksinya terdiri atas kumpulan benda yang
berkaitan dengan bukti material manusia dan atau lingkungannya dari
wilayah kabupaten atau kotamadya.
|
- b) Mendaftar kalimat klasifikasi
Judul/nomor teks | Kalimat klasifikasi pada teks |
Hutan Bakau | 1. Hutan bakau merupakan bagian dari ekosistem pantai.
2. Hutan bakau ini termasuk lingkup ekosistem pantai sebab terletak di kawasan perbatasan laut dan darat.
3.
Hutan bakau memiliki ciri dan khas serta manfaat untuk melindungi
lingkungan laut, manfaat ekonomi, dan menyediakan sumber makanan/
obat-obatan.
|
Museum | 1. Museum dibedakan berdasarkan koleksi dan kedudukannya.
2. Jenis museum berdasarkan koleksi yang dimiliki dibedakan menjadi dua jenis yaitu museum umum dan museum khusus.
3. Berdasarkan kedudukannya, terdapat tiga jenis museum yaitu museum nasional, museum provinsi, dan museum lokal.
4. Benda-benda yang dikoleksi di museum mencakup benda-benda dari berbagai disiplin ilmu.
|
Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Hewan
Hiu Paus (Whale Shark)
Hiu Paus atau Whale shark (Rhincodon typus)
merupakan ikan hiu terbesar dan ikan terbesar di dunia. Hiu ini disebut
hiu paus karena ukuran tubuhnya yang sangat besar dan bentuk kepalanya
tumpul mirip paus. Namun ikan ini tidak dikelompokkan dalam jenis paus.
Panjangnya bisa mencapai 14 meter dengan berat 15 ton. Ukuran
rata-ratanya sekitar 7.6 m.
Hiu paus
memiliki mulut besar yang lebarnya bisa sampai 1,4 meter. Mulutnya
berada di ujung moncongnya, bukan pada bagian bawah kepala seperti ikan
hiu pada umumnya. Ia memiliki kepala, lebar datar, moncong bulat, mata
kecil, 5 celah insang yang sangat besar, 2 sirip punggung, dan 2 sirip
dada (di sisi-sisinya). Hiu paus memiliki 3.000 gigi yang sangat kecil
tetapi jarang digunakan. Hiu paus merupakan penyaring makanan (filter
feeder) menggunakan insangnya yang besar.
Hiu paus
memiliki warna tubuh dengan corak khas yaitu berbintik dan bergaris
kuning muda dengan pola acak pada kulitnya yang berwarna abu-abu tua.
Kulitnya sangat tebal mencapai 10 cm. Ekornya memiliki sirip bagian atas
jauh lebih besar daripada sirip sirip bagian bawah.
Meskipun ikan
ini namanya hiu paus, namun ikan ini tidak menakutkan karena makanan
utamanya adalah plankton. Ikan ini makan dengan menyaring air laut
menyerupai kebanyakan jenis paus. Disebut pula dengan nama hiu tutul
merujuk pada pola warna di punggungnya yang bertotol-totol, serupa
bintang di langit.
Ikan ini dapat
hidup di dekat pantai maupun di lepas pantai. Namun, menghabiskan lebih
banyak hidupnya di dekat permukaan air. Hal tersebut berkaitan erat
dengan makanannya yaitu plankton dan biota kecil lainnya yang berada di
permukaan. Hiu Paus merupakan hewan yang soliter, sehingga sangat jarang
ditemukan dalam kumpulan yang besar. Hiu paus mempunyai persebaran yang
luas dan hidup di perairan panas di lintang ±30-40 derajat (daerah
Equator. Taman Nasional Laut Teluk Cendrawasih menjadi salah satu
habitat hiu paus di dunia. Lebih 50 ekor hiu paus dapat dijumpai di
lautan Kwantisore.
STRUKTUR TEKS
Pernyataan umum | Hiu Paus atau Whale shark (Rhincodon typus) merupakan ikan hiu terbesar dan ikan terbesar di dunia. |
Aspek yang dilaporkan | Hiu paus memiliki mulut besar yang lebarnya bisa sampai 1,4 meter. |
Aspek yang dilaporkan | Hiu paus memiliki warna tubuh dengan corak khas yaitu berbintik dan bergaris kuning muda dengan pola acak pada kulitnya yang berwarna abu-abu tua. |
Aspek yang dilaporkan | Meskipun ikan ini namanya hiu paus, namun ikan ini tidak menakutkan karena makanan utamanya adalah plankton |
Aspek yang dilaporkan | Ikan ini dapat hidup di dekat pantai maupun di lepas pantai. |
Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang MAKHLUK DI BUMI
MAKHLUK DI BUMI INI
Benda di dunia
dapat dikelompokkan atas dasar kenyataan bahwa benda-benda tersebut
memiliki persamaan dan perbedaan dalam beberapa hal. Dengan
pengelompokan, benda-benda itu lebih mudah dipelajari.
Semua benda di
dunia ini dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok, yaitu benda
hidup dan benda mati. Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang
kedua disebut makhluk mati. Benda hidup mempunyai ciri-ciri umum,
seperti bergerak, bernapas, tumbuh, dan mempunyai keturunan. Benda hidup
juga membutuhkan makanan. Benda mati dibedakan dari benda hidup karena
benda mati tidak mempunyai ciri-ciri umum tersebut. Kera,
tumbuh-tumbuhan, ikan, dan bunga adalah contoh-contoh benda hidup.
Sementara itu, kaca, air, plastik, baja, dan oksigen adalah
contoh-contoh benda mati.
Benda hidup
dapat dikelompokkan lagi menjadi binatang dan tumbuh-tumbuhan.
Pengelompokan itu dilakukan karena keduanya berbeda dalam beberapa hal.
Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain.
Tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai otak, jantung, paru-paru, dan darah,
tetapi hidup. Selain itu, tumbuh- tumbuhan dapat melakukan sesuatu yang
sangat penting yang tidak dapat dilakukan oleh binatang.
Tumbuh-tumbuhan
dapat menghasilkan makanan sendiri, sedangkan binatang tidak. Rumput,
gandum, dan tanaman keras adalah jenis tumbuh-tumbuhan. Namun, tidak
semua tumbuh-tumbuhan mempunyai bunga. Oleh karena itu, tumbuh- tumbuhan
dapat dikelompokkan menjadi tumbuh-tumbuhan berbunga dan
tumbuh-tumbuhan tidak berbunga. Mawar, jagung, dan tanaman buah
mempunyai bunga, tetapi jamur, lumut, dan pakis tidak.
Selanjutnya,
binatang dapat dibagi menjadi vertebrata dan invertebrata. Vertebrata
mempunyai tulang belakang yang meliputi manusia, burung, anjing, katak,
dan lain-lain, sedangkan invertebrata tidak mempunyai tulang belakang
yang meliputi ubur-ubur, kupu-kupu, dan laba-laba. Terdapat lima
kelompok vertebrata, yaitu mamalia burung, amfibia, reptilia, dan
ikan.
Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Hewan
GAJAH
Gajah
merupakan mamalia sekaligus hewan darat terbesar di dunia yang masih
hidup dan lestari hingga kini. Spesies gajah Asia dan gajah Afrika mulai
terpecah kira-kira dua juta tahun dahulu. Pernyebaran gajah di
Asia sangat banyak. Gajah termasuk dalam kategori hewan
Herbivora. Sebagai anggota dari kelas mamalia, gajah berkembangbiak
dengan cara melahirkan. Gajah hidup di dalam urutan sosial yang
terstruktur. Meskipun berbadan besar, gajah memiliki banyak keunikan.
Sepanjang 55 juta tahun terdapat 500 spesies gajah yang dikenal dan hanya dua spesies yang masih ada yaitu Gajah Asia elephas maximus dan Gajah Afrika loxodonta africana. Gajah Asia berbeda dengan gajah Afrika..
Gajah Asia
memiliki telinga lebih kecil sedikit daripada gajah Afrika, mempunyai
dahi yang rata, dan dua bonggol di kepalanya merupakan puncak tertinggi
gajah, dibandingkan dengan gajah Afrika yang mempunyai hanya satu
bonggol di atas kepala. Selain itu, ujung belalai gajah Asia hanya
mempunyai 1 bibir, sementara gajah Afrika mempunyai 2 bibir di ujung
belalai. Kedua jenis kelamin gajah Afrika mempunyai gading sementara
hanya gajah Asia jantan yang mempunyai gading yang jelas terlihat.
Meskipun
berbadan besar, gajah adalah hewan perenang yang handal. Mereka dapat
berenang selama 6 jam dan menempuh jarak hingga 50 km. Gading gajah yang
besar merupakan sepasang gigi seri pada bagian depan rahang atas, yang
terus tumbuh selama gajah hidup meskipun tidak tumbuh terlalu panjang.
Tengkorak
gajah yang besar dan kuat, berisi otak yang sangat cerdas. Oleh karena
itu, gajah mempunyai ingatan yang sangat baik dan jarang melupakan
perintah – perintah yang telah diajarkan. Seekor gajah mampu mengingat
25 perintah atau aba – aba dan mampu membuat alat untuk digunakan
sendiri, sebagai contoh, gajah akan mematahkan tonggak kayu untuk
menggaruk punggungnya.
Contoh Teks Laporan Hasil Observasi TentangMinuman
MINUMAN
Minuman
umumnya menunjuk kepada cairan yang ditelan. Kata ini kadang dipakai
dalam pengertian yang lebih sempit untuk merujuk pada minuman
beralkohol. Fungsi utama dari minuman adalah untuk menghilangkan haus.
Pada umumnya
manusia mengonsumsi air putih yang bersih, jernih, dan steril sebagai
minuman utama untuk dikonsumsi. Namun,terdapat berbagai macam nimuman di
sekitar kita. Maka dari itu, minuman dapat digolongkan menjadi minuman
beralkohol dan minuman tanpa alkohol. Minuman tanpa alkohol dapat
digolongkan lagi menjadi minuman bersoda dan minuman tanpa soda.
Berdasarkan
penyajiannya, minuman dapat disajikan hangat maupun dingin. Di
Indonesia, contoh minuman yang disajikan hangat adalah wedang ronde,
sekoteng, bajigur dan wedang jahe. Sementara itu minuman khas Indonesia
yang disajikan dingin adalah es teller, dawet, bir pletok dan cendol.
Selain cara
penyajian yang beragam, dapat kita jumpai berbagai macam minuman dengan
kemasan yang berbeda-beda. Seperti gelas, cangkir, botol plastik,
kemasan karton bahkan yang paling sederhana menggunakan plastik bening.
Selain
menghilangkan haus, minuman juga memiliki berbagai fungsi diantaranya
merangsang nafsu makan, menambah kalori dan membantu proses pencernaan.
Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang MANFAAT PUPUK KANDANG
MANFAAT PUPUK KANDANG
Pupuk kandang
merupakan pupuk yang paling mudah didapatkan. Pupuk kandang ini bisa
didapatkan dari kotoran hewan ternak seperti ayam, kambing, kelinci,
marmot, atau sapi. Pupuk kandang selain mudah didapat dan murah juga
ternyata lebih bagus dibandingkan dengan pupuk kimia.
Tanaman yang
dipupuk dengan menggunakan pupuk kandang ternyata lebih kuat terhadap
penyakit dan subur. Daun dan bunga pada tanaman yang dipupuk dengan
menggunakan pupuk kandang lebih banyak. Tanaman pun terlihat kuat dan
sehat. Sedangkan tanaman yang dipupuk dengan pupuk kimia memiliki daun
dan bunga yang lebih sedikit.
Pupuk kandang
ternyata mampu menjaga unsur keseimbangan unsur hara dalam tanah
sehingga tanaman tetap mendapatkan nutrisi secara seimbang. Berbeda
dengan pupuk kimia yang bisa membuat tanah menjadi rusak.
Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Kucing
KUCING
Kucing adalah
jenis hewan mamalia dari keluarga felidae. Hewan ini juga termasuk
kedalam golongan karnivora yakni hewan pemakan daging.
Kucing dapat
dikelompokan menjadi dua, yakni kucing besar dan kucing rumahan. Kucing
besar diantaranya harimau, singa, cheetah, dan lain sebagainya.
Sementara kucing rumahan adalah jenis yang sangat populer sebagi hewan
peliharaan.
Kucing rumahan
dapat mencapai tinggi 45 cm, panjang 60 cm, dan berat 16 kg. Selain
itu kucing memiliki taring yang runcing serta cakar yang dapat ditarik
dan dikelurkan sesuai kebutuhan. Penglihatan hewan ini juga sangat baik.
Kucing jenis
ini juga termasuk hewan penyendiri dimana masing-masing kucing memiliki
daerah sendiri. Bila ada kucing asing yang masuk biasanya akan terjadi
perkelahian singkat. Kucing yang sedang berkelahi akan menegakan rambut
tubuhnhya dan melengkungkan tubuhnya agar tampak lebih besar. Serangan
biasanya berupa tamparan, cakaran, dan gigitan. Jantan yang aktif umunya
akan sering terlibat perkelahian.
Pada umumnya
kucing peliharaan tidak berbahaya bagi manusia karena tubuhnya yang
kecil. Namun tidak menutup kemungkinan hewan ini dapat menularkan
penyakit. Penyakit yang mungkin ditularkan diantaranya rabies akibat dan
gigitannya dan gangguan pernafasan oleh bulunya.
Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan
JERUK NIPIS
Jeruk nipis
(Citrus aurantifolia) digolongkan kedalam familia Rutaceae. Jeruk nipis
aatau limau nipis adalah tumbuhan perdu yang menghasilkan buah dengan
nama yang sama.
Tanaman jeruk
nipis tumbuhdi daerah terbuka dengan sirkulasi udara yang baik. Tanaman
ini dikembangbiakkan melalui semaian biji atau bibit cangkokan.
Pohon jeruk
nipis dapat mencapai tinggi 3,5 m. Batang berkayu berbentuk bulat
berduri berwarna putih kehijauan. Daun majemuk, berbentuk elips atau
bulat telur, pangkal membulat, ujung tumpul, tepi beringgit. Panjang
daun 2,5-9 cm, lebar 2-5 cm. Pertulangan daun menyirip, panjang tangkai
2,5-5 mm,bersayap, berwarna hijau. Bunga majemuk atau tunggal, berada di
ketiak daun atau diujung batang, diameter 1,5-2,5 cm.
Kelopak bunga
berbentuk mangkok, berbagi empat sampai lima, diameter 0,4-0,7 cm,
berwarna putih kekuning. Panjang benangsari 0,35-o,40 cm, keduanya
berwarna kuning. Bakal buah berbentuk bulat, berwarna hijau kekuningan.
Tangkai putik berbentuk silindris, kepala putik berbentuk bulat berwarna
kuning. Daun mahkota berjumlah empat sampai lima, berbentuk bulat
telur, panjang 0,7-1,25 cm, saat muda berwarna hijau, setelah tua
berwarna kuning. Akar tunggang berbentuk bulat berwarna putih
kekuningan.
Buah jeruk
nipis berbentuk bulat, berwarna hijau atau kuning, memiliki diameter 3-6
cm, memiliki rasa masam agak pahit, agak serupa dengan lemon.
Jeruk nipis
memiliki kandungan vitamin C lebih banyak dibandingkan jenis jeruk
lainnya. Selain vitamin C, buah jeruk nipis juga mengandung saponin,
lavonoida, minyak atsiri, linalin asetat, geronil astat, asam sitrat,
kalsium, fosfor, vitamin B1, zat besi, fellandren, dan sitral.
Jeruk nipis
dipakai perasan isi buahnya untuk memasamkan makanan seperti pada soto.
Selain digunakan untuk penyedap makanan, jeruk nipis juga digunakan
sebagai obat batuk,obat sembelit, obat ambeien, mencegah rambut rontok,
obat demam, obat flu, obat amandel, dan lain-lain.
Jeruk nipis
juga bermanfaat untuk kecantikan, antara lain : membuat kuku cemerlang,
membuat rambut halus, lembut, dan berkilau serta dapat menghilangkan
ketombe.
ANGGREK VANDA BIRU
Anggrek Vanda Biru ( Blue Vanda Orchid) adalah salah satu spesies baru Vanda hibrid. Ukuran tanaman bervariasi dari
kecil sampai yang besar. Bunga yang hidup di daerah tropis atau
subtropis dan merupakan jenis anggrek yang mudah dirawat. Bunga Anggrek
Vanda Biru memiliki ciri khas dari batang, daun, kuntum bunga, dan
akarnya.
Bunga ini
merupakan anggrek monopodial, yaitu memiliki batang utama yang tumbuh
terus – menerus ke atas tanpa batas. Bentuk batangnya lurus, ramping dan
tidak berumbi. Pada batang ini nantinya akan muncul tangkai bunga yang
letaknya pada ruas di antara dua ketiak daun. Dalam batang tersebut
dapat tumbuh 1 – 15 tangkai bunga.
Bentuk daunnya
seperti pensil ( silindris ), tebal, dan memanjang. Panjang daunnya
sekitar 10 – 15 cm. Adanya bentuk daun Anggrek Vanda tersebut
menyebabkan kebutuhan cahaya matahari yang penuh.
Ukuran kuntum
bunganya besar dan memiliki warna biru. Tangkai bunga yang menjadi
tempat melekatnya karangan bunga akan dijumpai di antara dua ketiak
daun. Pada bagian tengah bunga akan dijumpai alat reproduksi jantan dan betina.
Akar anggrek
merupakan akar serabut, yang tumbuh dari pangkal batang. Bentuk akarnya
silindris, berdaging lunak dan berujung runcing. Akar anggrek
bervelamen, yang berarti lapisan luar akar terdiri dari beberapa lapis
sel yang berongga dan transparan.
Fungsi velamen pada akar adalah untuk melindungi akar dari kehilangan
air yang berlebihan selama proses transpirasi, melindungi bagian dalam
akar, dan membantu melekatkan akar pada benda yang ditumpanginya.
Contoh Teks Hasil Observasi (Pengamatan) Tentang Narkoba
Narkoba Menyerang Generasi Bangsa
Narkoba
merupakan bahan berbahaya yang jika disalah gunakan akan mengakibatkan
ketergantungan pada pemakainya dan pada akhirnya akan membawa pada
kematian jika dikonsumsi secara terus menerus. Latar belakang pengguna
narkoba saat ini sangat banyak sekali, mulai untuk menghilangkan
masalah, pergaulan, serta banyak hal lain yang melatar belakangi para
pengguna narkoba.
Saat ini
target para pengedar adalah kalangan remaja antara 15 – 25 tahun yang
masih sangat mudah untuk ikut-ikutan karena kejiwaannya masih labil dan
massih mudah terpengaruh teman-teman pergaulannya. Kita semua tahu bahwa
anak-anak remaja pada usia tersebut adalah bunga bangsa yang baru
merekah yang sangat dinanti-nantikan untuk meneruskan bangsa Indonesia
kelak untuk menjadi negara yang lebih sejahtera lagi. Saat ini terdapat 4
juta orang di Indonesia yang menggunakan atau menyalah gunakan narkoba
dan dari jumlah tersebut, sebanyak 22 % adalah remaja dalam rentang usia
tersebut.
Pada umumnya
pengguna narkoba yang berusia remaja banyak yang mengkonsumsi ganja dan
prikotropika seperti Sedatin (Pil BK), Rohypnol, dan Megadon. Semua
barang haram tersebut sangat berbahaya jika dikonsumsi secara terus
menerus karena akan mengakibatkan ketergantungan. Apa lagi jika
pengkonsumsi narkoba adalah kalangan menengah kebawah yang kondisi
ekonominya sulit karena jika sudah tak mempunyai uang maka pengguna akan
melakukan tindak kriminal demi mendapatkan uang untuk mendapatkan
barang tersebut. Hal ini sungguh memprihatinkan sekali.
Berdasarkan
survei BNN tahun lalu menyatakan bahwa, perkembangan pengguna dan
pengedar gelap narkoba pada pelajar dan mahasiswa. Hasil penelitian pada
17 propinsi di Indonesia, ditemukan 2,6 persen siswa SLTP pernah
menggunakan narkoba, dan 4,7 persen pelajar SMA tercatat pernah
menggunakan barang haram itu. Sementara untuk perguruan tinggi terdapat
7,7 persen yang pernah menggunakan narkoba.
Namun mulai
tahun lalu pemerintah bersama instansi-instansi terkait bertekad menekan
angka penggunaan narkoba pada pelajar hingga ke angka 0 %. Namun upaya
tersebut pasti membutuhkan kerja keras. Saat ini saja pemerintah telah
menggandeng 59 kampus di Jakarta untuk melakukan pengawasan pada
pengedar dan penyalahguna narkotika. Namun peran keluarga juga sangat
dibutuhkan demi menangkal serangan narkoba pada anak-anak remaja.
Pendidikan agama serta kedekatan anak dengan orang tua dirasa mampu
untuk mengurangi resiko anak terkena teror narkoba ini.
Penelitian dan
pengamatan ini bertujuan untuk memberikan data dan fakta yang terjadi
secara global di Indonesia tentang ancaman narkoba pada generasi bangsa
yang sangat di harapkan membawa bangsa ini pada tempat yang lebih layak
dengan rakyat yang sejahtera. Maka dari itu diperlukan peran berbagai
pihak agar menghindari sanak saudara dari bahaya narkoba dan jika sudah
menjadi pecandu narkoba diharapkan pihak terdekat baik keluarga maupun
kerabat dapat membawanya ke panti rehabilitasi narkoba agar tingkat
ketergantungan dapat dikurangi. Dengan cara-cara tersebut dalam kurun
waktu 5-10 tahun kedepan diyakini pengguna narkoba akan menurun drastis
terutama pada kalangan remaja.
0 komentar:
Posting Komentar