Jumat, 03 Mei 2019

MATERI BAHASA INGGRIS BAB 14 SEM 2 NEWS ITEM

NEWS ITEM

news_word_cloud

Dalam bahasa inggris, “news” berati berita. Tentunya hal ini tidak asing bagi kita. Beberapa ahli bahasa inggris mendefinisikan news item text sebagai berikut:
“News items is a text that informs the readers about newsworthy or important events of the day.”
News item text adalah suatu teks yang menginformasikan pembaca tentang peristiwa/kejadian sehari-hari yang layak diberitakan atau penting. Newsworthy yang berati layak untuk diberitakan, jadi tidak semua kejadian/peristiwa bisa diberitakan. Hanya kejadian atau peristiwa penting saja yang layak diberitakan. Jika peristiwa/kejadian itu tidak penting maka tidak layak untuk diberitakan dan diketahui banyak orang.

Tujuan News Item Text

Tujuan News Item Text adalah
“The purpose of news item text is to inform the readers about newsworthy or important events of the day.”
Tujuan news items text adalah untuk menginformasikan pembaca tentang peristiwa/kejadian sehari-hari yang layak untuk diberitakan atau penting. Dan kejadian yang diberitakan biasanya adalah kejadian atau peristiwa terbaru.

Generic Structure

Sama halnya dengan jenis teks bahasa inggris lainnya seperti narrative text, recount text, atau procedure text, news item text juga memiliki susunan atau struktur umun atau disebut generic structure. Generic Structure dari news item text adalah sebagai berikut:
  • Main Event/Newsworthy Event: adalah berita utama, bagian yang menceritakan ringkasan dari suatu kejadian atau peristiwa penting yang terjadi.
  • Background Event/Elaboration: menceritakan secara rinci latar belakang kejadian atau peristiwa yang terjadi, siapa yang terlibat, dimana dan bagaimana peristiwa terjadi.
  • Source: bagian terakhir dari struktur news item text, merupakan sumber berita bisa berupa pernyataan narasumber, komentar saksi, pendapat para ahli, atau pernyataan dari pihak terkait dari suatu peristiwa.

Contoh News Item Text

Berikut ini contoh news item dari berita terbaru tentang gempa susulan di Nepal
Earthquake aftershock hits Nepal and India, magnitude 6.7
A strong earthquake aftershock struck India and Nepal on Sunday, shaking buildings in New Delhi and triggering an avalanche in the Himalayas.
The United States Geological Survey said the tremor was 6.7 magnitude, less than the 7.9 quake that struck the region on Saturday killing at least 1,900 people.
“Another one, we have an aftershock right now,” Indian mountaineer Arjun Vajpai told Reuters by telephone from base camp on Mount Makalu, 20 km (12 miles) from Everest.
Screams and the sound of an avalanche could be heard over the phone line Vajpai was speaking on. At Everest base camp, Romanian climber Alex Gavan tweeted that the aftershock had set off three avalanches.
Terjemahan
Gempa susulan gempa hit Nepal dan India , besarnya 6,7
Sebuah gempa susulan yang kuat melanda India dan Nepal pada hari Minggu , mengguncang bangunan di New Delhi dan memicu longsoran salju di Himalaya .
The United States Geological Survey mengatakan gempa mencapai 6,7 magnitude , lebih kecil dari 7,9 gempa yang melanda wilayah tersebut pada Sabtu menewaskan sedikitnya 1.900 orang .
” Satu lagi , kita memiliki gempa susulan sekarang , ” pendaki gunung dari India Arjun Vajpai kepada Reuters melalui telepon dari base camp di Gunung Makalu , 20 km ( 12 mil) dari Everest .
Jeritan dan suara longsoran bisa didengar melalui saluran telepon Vajpai berbicara. Di base camp Everest , pendaki Rumania Alex Gavan berkicau di twitter bahwa gempa susulan telah mengakibatkan tiga longsoran.

0 komentar:

Posting Komentar